Cara Membuat Suara Google yang Mudah Tanpa Aplikasi

  • Share

Cara Membuat Suara Google – Anda pasti sering menemukan video di Youtube yang menjelaskan deskripsi video menggunakan suara khas Google. Suara Google ini sendiri punya ciri khas tersendiri dan lebih mirip seperti suara seorang wanita. Itu bukanlah suara orang sungguhan, melainkan teknologi khusus yang diciptakan oleh Google untuk beberapa layanannya. Suara ini biasanya sering didengar saat kita menggunakan Google Maps, Google Translate hingga Google Assistant.

Karena keunikannya tersebut membuat banyak creator video yang memanfaatkannya sebagai pengisi suara di video buatannya. Meskipun terbilang mudah, namun ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara membuat suara Google tersebut. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini kami sudah membahasnya untuk kalian semua. Berikut ini cara mudah menciptakan suara Google yang khas bisa coba Anda terapkan.

Cara Membuat Suara Google yang Mudah Tanpa Aplikasi

Sebenarnya cukup mudah untuk membuat suara seperti Google tersebut. Di sini Anda bahkan tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan yang tentunya cukup merepotkan. Adapun cara membuat suara Google tanpa aplikasi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membuat Suara Google Lewat PC atau Laptop

Cara yang pertama ini bisa diterapkan jika Anda ingin membuat suara Google melalui perangkat PC atau laptop. Caranya terbilang cukup mudah dan simple, tidak butuh step-step yang panjang pastinya. Untuk langkah-langkah selengkapnya, yakni:

  • Pertama Anda buka browser Google Chrome seperti biasa.
  • Kemudian kunjungi situs Google Translate.
  • Pada halaman Google Translate tersebut, sekarang Anda tulis kalimat yang ingin dibacakan oleh Google dengan suara khasnya.
  • Sebelumnya, jangan lupa untuk menyetting Google Translate ke Bahasa Indonesia, baik untuk bagian pendeteksi maupun terjemahannya.
  • Kalau sudah siap semuanya, selanjutnya Anda tekan tombol seperti Speaker yang ada di bagian bawah kolom.

Suara Google sudah berhasil Anda buat dengan memanfaatkan fitur text-to-speech dari Gogole Translate. Perlu Anda ketahui, kata yang bisa Anda masukkan ke Google Translate tersebut tidak boleh lebih dari 3900 kata. Jika memang lebih dari angka tersebut, maka Anda bisa membaginya.

Setelah berhasil membuat suara Google, sekarang bagaimana cara untuk menyimpan suara tersebut? Sangat mudah. Berikut ini cara download suara Google yang sudah dibuat melalui halaman Google Translate, yakni:

  • Pada halaman Google translate tadi Anda klik kanan pada mouse, kemudian pilih opsi Inspect.
  • Tampilan layar akan menjadi 2 bilah, di mana bilah kanan memuat kode-kode khusus. Selanjutnya Anda klik pada menu Network yang ada di bilah kanan layar.
  • Selanjutnya Anda cari file yang bernama translate tts. Klik dua kali pada file tersebut. Mungkin Anda akan bingung karena ada banyak file dengan nama mirip. Untuk memudahkan, pilih saja file yang termasuk file media saja.
  • Nantinya Anda akan dibawa ke halaman yang memuat audio tadi. Sekarang Anda klik kanan lagi pada mouse, kemudian pilih opsi Save as.
  • Maka file audio dengan suara Google tadi sudah berhasil untuk Anda simpan.

2. Membuat Suara Google Lewat HP Android

Untuk cara yang kedua ini Anda tidak butuh perangkat PC atau laptop, melainkan lewat HP android. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda jalankan aplikasi Text to Speech di HP android. Tidak perlu instal, biasanya aplikasi ini tersedia secara default di perangkat android.
  • Pada aplikasi tersebut sekarang Anda ketik kalimat yang ingin dibacakan dengan suara Google.
  • Selanjtunya klik tombol Microphone untuk memulai.
  • Jika sudah, Anda bisa langsung menyimpan audio tersebut. Caranya klik ikon titik yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih opsi Save to Wav File.

Itulah tadi dua cara membuat suara Google tanpa aplikasi yang mudah melalui perangkat PC/laptop dan smartphone android. Semoga informasi di atas bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *